Langsung ke konten utama

Pecarikan Namanya

Kupetikkan jemari pada keyboard komputer yang sehari-harinya menemani aktifitas baruku lebih dari sebulan ini. Playlist lagu pun tak menghilangkan rasa kantukku siang ini. Kuberanikan diri sedikit melipir dari rutinitas yang sudah membosankan seharian ini. Mencari referensi tentang tokoh terkenal yang namanya diambil dari Asmaul Husna rupanya tak semudah mencari nama ‘Muhammad’ di google yang setia tanpa lelah mendukung tugasku sehari-hari. Tanpa pikir panjang akhirnya tertulis juga tulisan ini. Entah bagaimana nanti hasilnya, setidaknya aku sudah sedikit terhibur dengan keisenganku ini. Selain mengobati jenuh, kali ini aku menulis untuk menepati janji diri sendiri agar mulai konsisten menulis tentang apa pun. Kasihan blogku sudah lama menganggur (doakan semoga produktif). Kalo kata penulis-penulis beken “Tulis saja apa yang ada di otak! Tabrak aja apa yang terlintas di pikiran! Ga usah dipikirin bagus engganya, toh nanti bisa dibenerin lagi” Yasudah, aku ikutin saja.

Ada yang menarik dari keinginanku kali ini. Kali ini akan aku ceritakan kepada kalian tentang sebuah desa (kalo kata dosen dan temen-temen namanya ‘kampung’) di pojok sebuah kabupaten sekaligus menjadi pembatas dua kabupaten, kabupaten ‘ngapak’ dan kabupaten ‘o’. Ada yang tidak paham dengan maksudku? Suatu saat akan aku ceritakan atau mungkin nanti kalian akan tahu setelah membaca tulisan abal-abalku hingga selesai (semoga ya). Sebelumnya aku belum pernah menuliskan tentang kampung ini. Bahkan mungkin kusebut-sebut saja tidak. Salah memang, aku malah lebih menyebut apa itu Depok, ngapain saja di sana, dan siapa saja teman-temanku di sana. Selain Depok, mungkin aku juga pernah menuliskan Purworejo. Yap, aku cinta banget dengan kedua kota itu-yang satu desa kabupaten-meskipun keduanya bukan kota kelahiranku. Bukan berarti aku tidak cinta dengan kampung halamanku lho ya. Depok ada di hati karena aku merantau di sana hampir lima tahun ini (2015) dan Purworejo sering kusebut karena selama SMP dan SMA aku sekolah di kota tersebut. Jadi jangan heran kalo sebagian besar teman tahunya aku asli Purworejo. Jangan kaget juga bahwa banyak sekali teman-temanku yang tinggal di sana (yaiyalah, orang enam tahun sekolahnya). Miris memang, bahkan mungkin aku bisa menghitung berapa banyak temanku yang dari Kebumen. Dan mereka adalah temanku saat di sekolah dasar dan teman satu kampung. Beberapa adalah tetangga desa dan teman yang ketemu di Depok ketika sudah kuliah. *kadang saya merasa sedih*

Kebumen?? Iya, Kebumen. Kampungku yang akan segera kuceritakan ini sebenarnya suatu desa bagian dari Kebumen yang berada di pojok timur utara bagian terkecil dari kecamatan Prembun. Jika kamu turun dari bus kota, nanti kamu akan menemui sebuah terminal yang menjadi jalur utama Jakarta-Semarang atau Jakarta-Yogyakarta. Intinya dia kota yang berbentuk kecamatan. Jika kamu hendak menuju ke sana (ke kampungku), dari terminal Prembun, perlu menaiki angkutan warna kuning jurusan Prembun-Wadaslintang (sebuah waduk yang cukup terkenal. Kalo kalian ga tahu, berarti memang belum terkenal 100%). Jangan salahkan aku jika aku tidak mengetahui jalur berapa angkutan itu. Mungkin tidak lebih dari sepuluh kali aku menaikinya sejak kecil hingga sekarang. Dan terakhir kali aku di dalam angkutan itu saat kelas 6 SD bersama mbak sepupuku yang sedang ngidam dan mual-mual karena bau solar yang menyengat. Sekitar tahun 2003 atau 2004 berarti lah ya.

Ok, back to the point. Sebenarnya hanya butuh waktu sekitar 15 menit sampai kalian tiba di tempat yang hendak menuju kampungku itu. Maklum ya, di sini jarak 6 km tidak membutuhkan jarak tempuh lama seperti di kota besar (sebut saja Jakarta). Itu pun 15 menit karena angkotnya berjalan pelan sebagai ajang pak sopir untuk mendapatkan penumpang banyak.

Nah, bilang saja “Pertelon Kabuaran nggih, Pak!” kalo kalian ingin ke kampungku. Pak Sopirnya sudah hafal kok. Pertelon (bahasa Jawa) itu artinya ‘pertigaan’. Kalo Kabuaran, nama desa yang dilewati angkutan. Sedikit lebih modern dari kampungku. Kalo kata ‘nggih’ itu bahasa halusnya basa Jawa ‘yo’. Memang seperti itu unggah ungguh di Jawa, cenderung halus dan sopan jika berbicara dengan orang yang lebih tua dan belum begitu kenal.

Itu yang saya suka dari Jawa. Halus dan lembut. Hingga sekarang saya selalu rindu untuk bicara dengan bahasa krama (bahasa halus). Ah, tapi sayang makin ke sini, kemampuan anak muda untuk ngomong krama tidak semahir zaman dulu. Selain pendidikan di sekolah yang kurang begitu ditekankan untuk mandalaminya, materi pengajaran Bahasa Jawa juga sudah berkurang. Rasa-rasanya mereka tidak bangga dengan bahasa ibu mereka. Adanya hanya plegak-pleguk kalo diajak ngomong krama. Hanya tahu ‘nggih, mboten, dan dereng’ , selebihnya nihil. Ada ide gimana caranya melestarikannya? Timbul persepsi “anak ini kurang ajar” jika kami berbicara pake bahasa ngoko kepada orang yang lebih tua. Itu yang sampai sekarang saya jaga agar persepsi itu tidak muncul pada diri saya. Jujur, saya saja masih kurang lancar, dan lebih memilih sedikit lebih kalem agar tidak stuck saat bicara dengan orang sepuh (tua). Sampai sekarang saya pun masih erusaha belajar dari bapak, ibuk, dan kakak saya. Makin ke sini, uniknya, penduduk setempat sudah mewajarkan perilaku tersebut (bicara ngoko). Sayang sekali bukan? Saya dan teman-teman sedaerah masih bermimpi memiliki sebuah komunitas sosial yang salah satu programnya ‘nguri-nguri kabudayan Jawa’.

The point is, bukan tentang bahasa, tapi bagaimana caranya agar kalian bisa sampai ke rumahku dengan selamat, eh cepat maksudnya. Setelah turun dari Angkot di Pertelon Kabuaran, kamu bisa menaiki ojek (kalo di Jawa ojek, bukan ‘ojeg’) atau naik becak atau minta jemput. Kenapa harus itu? Iya, karena desaku tidak dilalui angkutan (sedih ya? Engga si, biasa aja). Sedikit crita ya, jadi ceritanya dari dulu sudah diusahakan untuk pengadaan angkutan yang mengangkut orang dari Kabuaran-Pituruh (plus minus 6 km), tapi usulan tersebut selalu ditolak karena hanya akan mematikan mata pencaharian ojeg dan tukang becak (bener!).

Sebuah kampung yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, tentunya tidak cukup jika hanya mengandalkan pekerjaan di sawah. Bukan karena uang yang mereka dapatkan sedikit dari mengurus sawahnya itu, tapi tipe pekerja keras yang sudah ditanamkan sejak dini oleh nenek moyang mereka menjadikan mereka enggan untuk diam jika sedang menunggu masa panen. Maklum, setelah musim nyebar (menyemai benih), macul (musim mencangkul), musim tandur (tanam padi), matun (menyiangi rumput sekaligus membuang hama) hingga panen cukup lama menunggunya. Oleh karenanya, mereka memanfaatkan waktu yang ada untuk mengerjakan hal lain, seperti jadi tukang becak, ojeg, dagang, tukang bangunan, dll.

Ketiadaan mobil angkutan juga bermanfaat bagi tingkat kemandirian penduduk setempat. Sebab jika tidak, mungkin hingga sekarang sudah tidak kami jumpai lagi gerombolan anak sekolah yang mengayuh sepedanya menuju sekolah mereka. Perjuangan keras dan kesederhanaan bergegas menuju sekolah yang jaraknya lebih dari 3 km bahkan sampai 7 km mungkin akan punah jika mobil angkutan sudah beroperasi. Mereka menjalaninya dengan santai tanpa mengeluh, dan pasti akan meyisakan kenangan indah bagaimana indahnya bersenda gurau di jalanan bersama temannya dan tidak sedikit yang dimarahi orang-orang tua karena kami mengendarai sepeda seenak sendiri memenuhi jalan tanpa peduli pengguna jalan lain.

Yang ingin saya jelaskan di sini, kasihan jika pekerjaan mereka hilang begitu saja hanya karena ada angkot antardaerah sejauh 6 km tersebut. Toh kalo misalnya angkot tersebut benar-benar ada juga hanya akan melewati beberapa desa saja; desa Kabuaran, Pecarikan, Brengkol, Kembang Kuning, Prapag Kidul, Megulung Kidul, dan Pituruh. Hanyatujuhdesa, 2 desamasukKebumen, yang 5 masukPurworejo. Kalian tahu desaku yang mana? Ya, PECARIKAN namanya. Hanya tinggal menyeberangi jembatan pembatas Pecarikan-Brengkol, kalian bisa seenak hati pindah kabupaten kurang dari hitungan satu menit. Benar-benar di perbatasan kan? Jangan kira desaku seluas kota ya? Yang berada di pinggir jalan raya hanya sekitar 1 km, selebih nya meluas masuk ke dalam gang-gang.

Lanjut, ya… dari turun angkot kalian naik tiga alternatif angkutan tadi, ojeg, jemputan, atau becak. Sepanjang jalan, pandangan kalian akan disuguhi pemandangan pucuk tiga gunung Sumbing, Merbabu, dan Merapi di pagi hari. Hamparan luas sawah dan perbukitan hijau juga akan kalian jumpai sambil menikmati jalanan halus. For your information, sekarang jalanan menuju ke desaku sudah halus (lagi) sejak hampir lima tahun belakangan ini dibiarkan berlubang oleh pemerintah. Mungkin karena tempatnya yang bukan akses utama angkutan antarkota, jadilah dia sedikit lebih dinomorsekiankan dibanding jalanan desa lain. Proposal demi proposal sudah perangkat desa masukkan ke dinas pekerjaan umum atau apalah itu saya tidak paham, tapi baru akhir tahun kemarin (2014) jalanan sepanjang 1,5 km itu membaik. Meskipun kampung dan mungkin sangat kampung, dalam seminggu jalan itu pernah dijadikan pilihan sebagai jalur alternatif Kebumen-Purworejo waktu banjir 2013 kemarin. Seketika disulap menjadi seperti Jakarta. Macet dan becek. Hikmahnya, banyak dagangan pedagang kecil laku dan jalanan semakin rusak. Mungkin karena itu juga jadi proses perbaikan jalannya disegerakan.

Hanya butuh waktu 3-5 menit untuk tiba di desa saya. Setelah selesai melewati pangjangnya hamparan sawah tanpa ada satu rumah pun, lalu kemudian menemukan barisan rumah, menandakan kalian sudah sampai di kampung saya. Memang dekat sih, tapi ya lumayan juga jika harus jalan kaki. Misal jalan di pagi hari sepertinya tidak masalah. Saya dan teman-teman biasa melakukannya, tapi hanya di bulan Ramadhan. Lumayan ramai sekaligus menghirup udara pagi yang masih segar dan berinteraksi dengan pakdhe dan bulik yang hendak pergi ke pasar. Suasana kampung yang sampai sekarang tidak saya temukan di tempat saya merantau. Pernah terbersit apabila sewaktu-waktu desa saya berubah menjadi kawasan industri. Dunia khayalku saat itu berkata: Akan seperti apa kampungku kelak jika sawah sudah tidak ada lagi? pohon kelapa sudah habis? Daun-daun pisang dari ribuan pohon pisang sudah sirna?. Tidak! Semoga masih tetap asri dan sebaik-baik tempat kembali para perantau dalam rangka nostalgia kehidupan masa kecil. Kehidupan yang penuh kesederhanaan, canda dan tawa, tulus, dan apa adanya. Berbicara tentang masa kecil, itu inti dari tulisan saya yang dengan berat hati akan saya potong sampai di sini. Sementara, cukup perkenalan akses menuju tanah kelahiranku itu aja dulu ya… Jangan lewatkan dan tetap ikuti saya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku "Seberapa Berani Anda Membela Islam"

Judul : Seberapa Berani Anda Membela Islam Penulis : Na’im Yusuf Tebal Buku : 288 Halaman Penerbit : Maghfirah Pustaka Tahun Terbit : 2016 Orang-orang yang beriman harus sadar bahwa kebaikan dan kejahatan, kebenaran dan kebatilan akan selalu bertentangan. Untuk itu, dibutuhkan orang-orang yang beriman yang menyadari posisinya. Demikianlah juga dengan keteguhan hati, jihad, dan kekuatan jiwa harus dimiliki agar kita sebagai umat Islam bisa melepaskan diri dari konspirasi yang telah dirancang untuk menghancurkan Muslim dan membasmi asas ajaran Islam dari akar-akarnya. Kemuliaan yang sebenarnya, yakni jika keberanian bersemayam dalam diri seorang Muslim, yang mana ia akan menolak kehidupan yang hina, tidak mau dilecehkan dan direndahakn dalam keadaan apa pun. Melalui buku yang berisi 13 karakter pemberani ini, penulis menguraikan dengan rinci mengenai ciri-ciri seorang pemberani, bagaimana agar menjadi pemberani, bentuk-bentuk keberanian, dan tantangan yang harus dihadapi par

Ghirah-Cemburu karena Allah

Ghirah bukan hanya milik orang Islam yang sering dicap fanatik oleh bangsa Barat karena kebertahanannya dalam menjaga muruah pada diri, keluarga, maupun agamanya. Namun, ghirah atau syaraf (Arab) juga milik setiap jiwa manusia, bahkan masing-masing daerah atau negara memiliki istilah sendiri untuk menyebutnya. Ghirah juga milik Mahatma Gandhi—yang terkenal berpemahaman luas dan berprikemanusiaan tinggi—yang sampai bersedia melakukan apa saja untuk mencegah adik Yawaharlal Nehru, Viyaya Lakshmi Pandit, dan anaknya, Motial Gandhi, keluar dari agama Hindu. Ghirah atau cemburu ada dua macam, yakni terhadap perempuan dan agama. Jika adik perempuanmu diganggu orang lain, lalu orang itu kamu pukul, pertanda padamu masih ada ghirah. Jika agamamu, nabimu, dan kitabmu dihina, kamu berdiam diri saja, jelaslah ghirah telah hilang dari dirimu. Jika ghirah atau siri—dalam bahasa orang Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja—tidak dimiliki lagi oleh bangsa Indonesia, niscaya bangsa ini akan mudah dijaj

Cahaya Hikmah DwiNA

Aku yang harus pergi lebih dulu dari kalian. Doa terbaik mengiringi kepergianku nanti untuk kalian sahabat yang selalu ada untukku. Kalian rekan yang paling mengerti sekaligus kakak yang pandai memperlakukanku penuh cinta. Suatu saat aku akan rindu suasana ini. Suatu pagi aku akan mengenang masa menyambut mentari dalam balutan kasih dan panggilan lembut untuk menghadap-Nya bersama kalian. Keriuhan menjelang keberangkatan kita ke kantor, kebersamaan kita ke kantor, kepulangan kita dari kantor, kelezatan menikmati makan malam yang selalu ala kadarnya yang penting tidak lapar dan bahagia (ini lebay) hingga keautisan kita mengurus diri masing-masing selepas Isya adalah memori yang mungkin akan susah hilang nantinya. Ratih yang ‘gila’ sekali dengan buku dan menghabiskan waktu malamnya di kamar untuk membaca buku atau menonton film kesukaannya, siap-siap saja sepulang dari kantor tidak ada lagi teman yang membersamaimu membeli sayur dan lauk apa yang akan kalian santap untuk makan malam da